6 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Biar Virus Corona Menjauh

Dalam rangka “memberikan kontribusi” selama krisis virus corona, menurut Schiffer, tim Forever Healthy berangkat mencari tanaman obat yang keefektifannya telah dikonfirmasi dalam studi klinis. Tetapi dalam skenario terbaik, manusia dapat melakukan banyak hal untuk mempertahankan diri. Kuman yang menyusup ke dalam tubuh pertama-tama harus melewati kulit dan selaput lendir. Jika kuman berhasil mengatasi garis pertahanan pertama ini, tubuh bereaksi terhadap kuman tersebut dengan fagosit, protein antimikroba, dan peradangan.

Makan sehat tidak harus menjadi gaya hidup tetapi sebuah tindakan untuk pencegahan penyakit. Saat berpuasa, imunitas kita cenderung akan menurun karena kurangnya asupan makanan dan minuman serta padatnya kegiatan di Bulan Ramadhan. Selain itu, di tengah pandemi Covid-19 ini tubuh yang imunitasnya rendah juga rawan terserang virus corona.

Selain makanan anti-inflamasi dan yang dikemas dengan antioksidan, Elliott menyarankan untuk mencoba buah dan sayuran yang mengandung quercitin. Yang terpentingi, pastikan anda cukup tidur di malam hari untuk membantu tubuh anda pulih dari tekanan mental dan fisik pada hari itu, kata Elliott. Menurut Mayo Clinic, menemukan kegembiraan dan tertawa tentang hal suatu hal dapat melepaskan neuron yang membantu melawan stres dan kemungkinan penyakit. Ada beberapa makanan dan minuman yang bisa menimbulkan rasa nagih dan menjadi racun bagi tubuh seperti junk meals, alkohol, dan obat-obatan.

Setelah melakukan lima cara di atas, cara meningkatkan imun tubuh lainnya adalah dengan konsumsi suplemen. Temulawak ataucurcuma xanthorrhiza roxbjuga kaya akan kandungan kurkumin yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan menjadi bahan obat tradisional. Selain untuk daya tahan tubuh, temulawak juga berkhasiat menurunkan kolesterol dalam darah, menyehatkan saluran pencernaan, meringkankan gejala osteoarthritis, serta mencegah obesitas dan diabetes. Zat besi merupakan bahan utama dalam proses pembuatan hemoglobin, yang memiliki peran mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Oksigen yang terdistribusi dengan baik akan membantu kinerja sistem kekebalan tubuh.

Ketika bulan puasa tiba, sangat penting menjaga imun tubuh dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Agar tubuh semakin prima, ketika sedang melaksanakan makan sahur, sebaiknya tubuh diisi dengan asupan karbohidrat yang cukup. Sistem kekebalan tubuh manusia berfungsi untuk melindungi tubuh dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga dapat menghilangkan benda asing dan sel ganas yang tumbuh di dalam tubuh.

Selain mengkonsumsi banyak makanan-makanan bergizi, terkadang seseorang juga perlu sumplemen pendamping dalam meningkatkan imun tubuh. Pemilihannya pun tidak bisa sembarangan, salah satu obat natural yang bisa digunakan yaitu Mosehat, ramuan alami dengan sejuta manfaat. Perlu diingat, bahwa tanpa tidur cukup dalam sehari, tubuh tidak akan bisa memproduksi sitokin dalam jumlah banyak. Sitokin merupakan sejenis protein yang digunakan untuk melawan infeksi serta peradangan kemudian secara efektif akan menciptakan respon imun tubuh. Kopi adalah salah satu minuman terbaik yang dapat diminum untuk meningkatkan kesehatan hati. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi melindungi hati dari penyakit, bahkan pada mereka yang sudah bermasalah dengan organ ini.

Konsumsi suplemen juga disarankan jika merasa kebutuhan vitamin belum tercukupi dari makanan sehari-hari. Semua orang, baik yang memiliki penyakit atau tidak tetap harus mengikuti pedoman gizi seimbang. Itulah beberapa suggestions menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus dan bakteri dengan menerapkan kebiasaan yang sehat serta memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan baik. Untuk orang dewasa, istirahat atau tidur antara lima sampai sembilan jam setiap harinya sangat diperlukan. Hindari begadang jika memang tidak diperlukan karena sebenarnya begadang tidak baik untuk kesehatan.

Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut, cenderung tidak mudah sakit. Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Jenis buah yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh adalah buah yang kaya akan vitamin dan mineral, misalnya guava.

Cara menjaga imun tubuh pada saat pandemi

Lebih banyak mengonsumsi gula berarti lebih banyak vitamin yang akan digunakan tubuh untuk mengurai, pada akhirnya tidak ada lagi vitamin yang tersisa pada tubuh kita. Untuk menjaga imun dalam kondisi terbaik, pastikan kita telah mendapatkan vaksinasi yang dibutuhkan. Orang dewasa biasanya lupa untuk memperbarui vaksinasi yang telah mereka dapatkan waktu kecil. Tidak ada salahnya untuk melakukan cek keseluruhan dengan dokter Anda.