6 Ideas Sehat Selama Berpuasa Ramadan Di Masa Pandemi

Untuk mendapatkan kesehatan psychological yang bagus, maka kamu perlu menerapkan pola hidup yang yang sehat dengan cara mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi baik. Selain itu, kesehatan psychological sendiri juga bisa dilakukan dengan cara rutin melakukan olahraga setiap harinya. Pasalnya, ketika kamu melakukan olahraga maka hormon endorfin akan mampu dihasilkan oleh tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi merupakan langkah tepat demi mencegah terserang Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Langkah itu menjadi cara tepat selain menjaga jarak interaksi serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Salah satu vitamin yang sudah terbukti dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mencegah paparan COVID-19 adalah vitamin D. Vitamin D mampu membantu meningkatkan sel-sel imunitas seperti sel T dan makrofag.

Cara agar tetap sehat pada masa pandemi

Kebanyakan seseorang memiliki jam tidur yang tidak cukup dikarenakan beberapa alasan. Padahal tubuh kita tentunya butuh istirahat yang cukup agar badan kembali segar dan bisa menjalankan aktivitas dengan semestinya. Imun tubuh dapat mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh kita, termasuk virus Covid-19.

Cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona bisa dapat kamu lakukan dengan menjaga jarak dengan orang lain saat beraktivitas bersama, minimal 1 meter. Karena ini adalah jangkauan percikan air yang bisa menyebar dari mulut saat seseorang bicara. Amat disarankan untuk tidak pergi ke luar rumah apabila kamu sedang merasa sakit atau kurang sehat. Ini bisa membahayakan karena bisa jadi kamu menularkan penyakit pada orang lain. Mengonsumsi suplemen saat berbuka puasa maupun sahur juga bisa menjadi ideas puasa di tengah pandemi virus corona untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, air dapat membersihkan racun berbahaya dari tubuh dan menjaga fungsi ginjal. Vaksinasi mungkin satu dari sekian banyak cara agar terbebas dari gangguan kesehatan, berikut ideas hidup sehat di rumah selama pandemi Covid-19. Maka dari itu, penting untuk menjaga paru-paru tetap sehat selama pandemi virus corona. Sebab, pola pikir seseorang tentu saja dapat memberikan pengaruh terhadap kesehatan dan kondisi tubuh. Ketika orang memiliki pola pikir yang positif, maka mereka pun akan memiliki kondisi tubuh yang cenderung sehat.

Olahraga selain untuk kesehatan dan kebugaran, juga bisa menjadi refreshing dan terapi agar tubuh tidak kaku setelah lama bekerja. Anda hanya perlu menyiapkan matras yoga yang sesuai serta pakaian olahraga yang nyaman lalu mengikuti instruktur yoga lewat layar laptop computer. Anda masih bisa lari di rumah menggunakan treadmill atau angkat beban dengan dumbell, atau lari mengelilingi pekarangan rumah.

Sejak masuknya Covid-19 di Indonesia, masyarakt diminta untuk tetap di rumah dan melakukan segala sesuatu dari rumah. Selama di rumah saja mungkin banyak orang yang akhirnya sulit menjaga kesehatan karena tidak bisa berolahraga di luar rumah seperti biasanya atau terlalu banyak bermalas-malasan di rumah. Usahakan juga menghindari minuman manis dan sebaliknya minum banyak air putih. Membuat olahan minuman buah atau sayuran seperti lemon, jeruk nipis, mentimun atau beri, jadi cara yang bagus untuk menambahkan sentuhan rasa ekstra dan menyehatkan bagi tubuh. Di samping menjaga kesehatan tubuh, jangan lupa untuk merawat kecantikan kulitmu!

Masker dapat melindungi bagian wajah dari droplets seseorang yang mungkin mengandung virus. Mari kita bersama memutus rantai penularan dari virus Corona yang sedang menjadi pandemi di Indonesia. Tetap jaga kesehatan dan patuhi serta jalankan protokol kesehatan dari pemerintah. Orang dewasa harus minum delapan gelas air sehari untuk hidrasi terbaik. Kita bisa mendapatkan jumlah air yang tepat dengan membawa botol minum sepanjang hari. Supaya Anda tidak mudah terserang virus maupun jatuh sakit selama new normal, tetaplah jaga kebersihan terutama saat beraktivitas di luar.

Walaupun sedang berpuasa, bukan berarti kita bermalas-malasan dan tidak bersemangat dalam beraktivitas. Mengonsumsi makanan yang bergizi dan rajin melakukan aktivitas fisik dapat membuat tubuh menjadi bugar dan tentunya lebih bersemangat dalam beribadah dan beraktivitas. Bagaimana ya cara melakukan aktivitas fisik yang benar dan aman selama puasa? Dan bagaimana ya cara agar kebutuhan nutrisi kita terpenuhi selama puasa? Saat ini, belum ada bukti bahwa makanan atau kemasan makanan berperan dalam penularan penyakit akibat virus corona (COVID-19). Seseorang memang dapat tertular karena menyentuh permukaan atau benda yang telah terkontaminasi virus, kemudian menyentuh wajahnya.

Suplemen yang dapat meningkatkan sistem imun di antaranya vitamin C, D, dan zinc. Berbagai jenis makanan segar atau yang diproses secara minimal merupakan sumber vitamin, mineral, serat, protein serta antioksidan. Ketika kamu menerapkan pola makan hidup sehat, maka akan banyak manfaat yang bisa didapatkan. Dengan memiliki gaya hidup yang sehat dan kamu menerapkannya secara konsisten, maka tubuh pun akan terlindungi dari berbagai macam penyakit yang menyerang.