Cara Mencengah Tertular Covid

”Membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir ini penting dilakukan. Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

• Jika Anda sakit, meskipun gejalanya sangat ringan, Anda harus melakukan isolasi mandiri. Mempraktikkan kebersihan tangan dan pernapasan setiap saat sangatlah penting, dan merupakan cara terbaik untuk melindungi orang lain dan diri Anda sendiri. Kedua, tidak membawa anak-anak dan lansia ke tempat berkerumunnya orang, seperti pasar, resepsi pernikahan, pusat perbelanjaan, dan lain-lain. Ketiga, segera membersihkan diri dan mengganti pakaian setelah beraktivitas dari luar rumah.

• Jika Anda tidak memiliki gejala, tetapi telah terpajan orang yang terinfeksi, lakukan karantina mandiri selama 14 hari. • Meskipun Anda tidak menyadari telah terpajan COVID-19 dan mengalami gejala, lakukan isolasi mandiri dan pantau diri Anda. • Jika anak sedang batuk pilek, beri pemahaman untuk tidak bepergian ke tempat umum termasuk pergi ke sekolah agar tidak membuat orang lain menjadi sakit juga. Sama seperti kebiasaan mencuci tangan, membiasakan anak untuk melakukan prosedur hygiene saat sedang batuk pilek membutuhkan proses. Batuk tanpa ditutup atau ingus yang diseka dengan tangan bukan hal langka pada anak-anak.

Orang dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut , dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah Indonesia yang melaporkan transmisi native. Meskipun obat-obatan barat, tradisional atau buatan sendiri dapat meringankan gejala-gejala COVID-19, obat-obatan yang ada belum terbukti dapat mencegah atau menyembuhkan penyakit ini. Namun, beberapa obat-obatan barat dan tradisional sedang diuji klinis.

WHO akan terus memberikan informasi terbaru seiring tersedianya temuan klinis. Sebagai catatan, penderita yang terinfeksi SARS-CoV-2 dapat mengeluarkan tetesan pernapasan ketika mereka batuk, bersin, atau menghembuskan napas. Sebisa mungkin ajak anak untuk di rumah saja dan jauhi semua area yang ramai orang. Jangan justru mengajaknya liburan, playdate, atau jalan-jalan ke mal ya, Moms.

Mengenai masker, kamu wajib gunakan jika kondisi tubuh kamu dalam keadaan kurang sehat seperti batuk, pilek, dan flu. Untuk itu selama proses meningkatkan imun tubuh, setidaknya Anda harus mampu berusaha membatasi asupan gula yang masuk hingga kurang dari lima persen dari jumlah kalori harian. Hal ini tentu bertujuan agar daya tahan tubuh tetap kuat di masa pandemi seperti ini. Gizi yang seimbang merupakan susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dengan jumlah serta jenis tertentu sesuai kebutuhan tubuh. Untuk itu seseorang perlu memperhatikan prinsip keberagaman pangan, mengontrol berat badan secara rutin, dan menjaga perilaku hidup bersih. Makanan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan selama masa pandemi covid-19.

Setiap pasien yang mengunjungi rumah sakit wajib melakukan skrining untuk mengestimasi potensi terinfeksi virus corona. Dalam skrining dapat dilakukan pengukuran suhu tubuh serta ditanyakan sejumlah hal yang berkaitan dengan riwayat yang berkaitan dengan corona. Bila terdapat jawaban yang mengindikasikan pasien termasuk salah satu dari Kasus Suspek, Kasus Konfirmasi, atau Kontak Erat, maka pasien perlu melakukan pemeriksaan corona lanjutan.

Bagaimana cara agar tidak tertular covid

Pakai masker dan sarung tangan bila sedang berada di tempat umum atau sedang bersama orang lain. Menganjurkan penderita COVID-19 untuk mandi air hangat dan menggunakanhumidifier, untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Tapi tahukan Moms kalau dapur adalah ruangan di rumah yang paling banyak mengandung kuman?