Cara Menjaga Sistem Imunitas Di Tengah Pandemi Covid

Di antaranya dengan rutin mencuci tangan minimal 20 detik baik sebelum maupun sesudah beraktifitas, mendisiplinkan diri melakukan physical distancing serta selalu menggunakan masker. Sistem imun tubuh manusia bekerja melindungi tubuh dari berbagai bahaya yang menyerang, mulai dari skala sel kecil hingga tingkat makro. Setiap sel, molekul, jaringan, dan organ tubuh manusia memegang peran vital dalam menghalau mikroorganisme penyebab penyakit. Sistem imunitas tubuh manusia juga bisa melindungi terhadap ancaman internal, misalnya sel kanker yang berkembang dalam tubuh. Tidak berbeda dengan sebelumnya, selama New Normal nanti kita tetap harus memperhatikan kebiasaan sehat yang dapat meningkatkan imunitas.

Kandungan vitamin dalam makanan akan membantu sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa lebih banyak mengkonsumsi makanan seperti sayur dan buah-buahan yang mengandung antioksidan yang di dalamnya terdapat Vitamin A, C, dan E. Sudah hal umum bahwa vitamin C dikenal sebagai vitamin yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C dapat membantu meningkatkan pembentukan kolagen. Menurut penelitian, Vitamin C termasuk dalam asam askorbat yang memiliki fungsi sebagai antioksidan.

Untuk membantu meredakan kecemasan dan ketegangan, luangkan waktu selama dua menit dalam sehari untuk sekadar bernapas dan fokus pada saat ini. Untuk itu, memang perlu adanya keseimbangan dari segala aspek untuk membuat diri tetap sehat dan tidak mudah terseran penyakit. Rutinitas Anda bisa terdiri dari hal-hal paling sederhana seperti menyikat gigi, membaca buku atau mencuci muka. Jika Anda menetapkan rutinitas untuk diri sendiri, maka Anda akan lebih teratur dan disiplin. Stres yang berlebihan akan membuat perut Anda gemuk dan banyak penyakit kronis. Sederhanakan hidup Anda dengan olahraga, pernapasan dalam, dan jalan kaki di alam.

Lakukan selama menit karena olahraga sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Bisa dengan melakukan gerakan lari di tempat, melompat, squat, dan sebagainya sebagai pemanasan. Selanjutnya, kita bisa membuka platform video, seperti YouTube untuk meniru gerakan aerobik dan yang lainnya. Olahraga secara teratur, seperti berjalan kaki setiap hari sekitar 30 menit, dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

Sitokin berperan penting dalam sistem imun manusia untuk melawan infeksi. Demi menjaga daya tahan tubuh, sebaiknya sisihkan waktu untuk istirahat. Jam tidur adalah yang paling penting, karena tubuh manusia dewasa setidaknya membutuhkan waktu 7-8 jam untuk tidur setiap harinya. Aktif bergerak termasuk berolahraga dapat memicu lajumetabolisme agar selalu berada pada keadaan optimum.

Selain itu, Anda juga dapat menambah asupan vitamin D berupa suplemen vitamin. Sistem kekebalan tubuh mereka harus terus beradaptasi agar menjadi lebih kuat. Minimal Stylovers harus minum 8 gelas air putih dalam sehari, seperti 2 gelas saat sahur, 2 gelas ketika berbuka dan four gelas saat malam hari atau menjelang tidur. Saat berpuasa, tubuh tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam, namun bukan berarti harus berbuka dengan makanan dan minuman yang sangat banyak. Berbagai cara bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh mulai dari berjemur hingga berolah raga.

Cara menjaga imun tubuh pada saat pandemi

Air putih berperan penting dalam tubuh, termasuk meningkatkan sistem kekebalan. Cairan dalam sistem peredaran darah atau getah bening, yang membawa sel-sel kekebalan penting yang melawan infeksi ke seluruh tubuh terdiri dari air. Di samping itu, Anda juga bisa memilih suplemen yang mengandung ekstrak tanaman, misalnya Echinacea purpurea dan Black Elderberry. Kedua tanaman natural tersebut dipercaya mampu meningkatkan kinerja sistem imun dalam melawan infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri, termasuk infeksi virus Corona.

Aman berarti patuh terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yang dikenal dengan 3M . Kesadaran melakukan 3M ini penting tidak hanya untuk individual, tetapi juga untuk keluarga, lingkaran terdekat sekaligus benteng terakhir seseorang dalam pandemi COVID-19. Kelompok yang juga termasuk rentan adalah mereka yang punya daya tahan tubuh rendah dan yang mengalami obesitas dengan BMI di atas 27Kg/m2. Jika biasanya Anda begadang untuk menyelesaikan pekerjaan atau hanya bermain game, sebaiknya ubah pola tersebut. Pastikan pekerjaan selesai tepat dan tidak bermain game pada malam hari.