Ini Fakta Dan Aturan Vaksin Mandiri Atau Vaksin Gotong Royong Yang Resmi

Sementara itu, pelaksanaan vaksinasi gotong-royong hanya dapat dilaksanakan di fasyankes milik masyarakat atau swasta yang memenuhi syarat dan bukan merupakan tempat layanan vaksinasi program prioritas pemerintah. Mengingat pentingnya program vaksinasi, pemerintah berharap masyarakat mendukung dan berpartisipasi aktif mengikuti setiap tahapan pelaksanaannya. Selain itu, pihaknya juga sedang mempersiapkan program vaksinasi mandiri yang terdiri atas kesiapan infrastruktur, SOP, serta sumber daya manusia. “Agar program vaksinasi yang diberikan mulai dari tahapan mendapatkan vaksin, distribusi hingga vaksin digunakan oleh pasien tetap terkontrol dan sesuai tujuan serta manfaatnya,” kata Ichsan. Presiden Joko Widodo memberikan lampu hijau penggunaan skema vaksinasi mandiri oleh perusahaan di Indonesia untuk mempercepat proses kekebalan komunal.

Salah satu BUMN di bidang farmasi ini yang akan menampung vaksin dan mendistribusikannya ke sejumlah perusahaan yang sudah mendaftarkan karyawannya untuk diimunisasi vaksin Covid-19. Dalam vaksinasi, masing-masing perusahaan swasta wajib menggunakan fasilitas kesehatan yang berbeda dengan fasilitas kesehatan dalam program vaksinasi pemerintah. Dalam kesempatan berbeda, Direktur Utama PT Bio Farma, Honesti Basyir menyampaikan bahwa perusahaannya sudah mendapatkan komitmen sekitar 35 juta vaksin untuk program vaksinasi mandiri atau gotong royong dari tiga merek vaksin COVID-19. Enam prinsip vaksinasi mandiriPertama, merek vaksin mandiri harus berbeda dengan merek vaksin gratis. Pemerintah harus memastikan bahwa vaksinasi gotong royong tidak mengganggu pasokan vaksin gratis. Untuk merek Sinovac, kata Menkes, pemerintah menargetkan a hundred twenty five juta.

Harga vaksin Sinovac tentu tak bisa diukur dari pembelian 30 juta dosis yang datang ke Indonesia pada Desember ini dan Januari nanti. Setelah itu, Sinovac akan mengirim bahan dasar vaksinnya, yang disebut vaksin curah, yang kemudian akan diproses oleh PT Biofarma di Bandung, untuk dijadikan forty five juta dosis. Tiga hari kemudian Kerajaan Arab Saudi mengumumkan pemakaian vaksin Pfizer dan siap melakukan vaksinasi free of charge sebelum tutup tahun 2020. Amerika Serikat dan Kanada telah mendistribusikan jutaan dosis vaksin Pfizer ke berbagai kota. Jadi perkiraannya dari sasaran vaksinasi pemerintah sebanyak 181 juta penduduk, yang 20 juta bisa ditanggung swasta. Pemerintah menyampaikan bahwa vaksinasi untuk tenaga kesehatan, TNI, Polri atau frontliner ini harus berjalan dulu.

Vaksinasi Mandiri

Peran swasta dalam vaksinasi mandiri, demikian Presiden, sangat penting untuk mewujudkan Head immunity atau imunitas kelompok. Dengan peran swasta dalam vaksinasi gotong royong, beban APBN bisa dikurangi dan masa vaksinasi bisa diperpendek hingga kurang dari satu tahun. Ia menjelaskan, bahwa vaksinasi ini sangat penting bagi perusahaan. Sebab, mereka menyadari bahwa untuk melawan pandemi covid-19 ini tidak cukup dengan protokol kesehatan tapi juga diperlukan vaksin. “Saya sangat mengapresiasi hal ini (vaksinasi mandiri-red), karena perusahaan rela mengeluarkan uang untuk memvaksinasi karyawannya sehingga program vaksinasi bisa berjalan lebih cepat,” kata Arif. Carmelita menambahkan, perusahaan yang ingin mengikuti program ini, harus terlebih dulu mendaftarkan ke Kadin.

Narasinya gotong royong, kenyataannya mereka pakai fasilitas pemerintah untuk beli vaksin. JawaPos.com – Untuk melakukan percepatan vaksinasi agar segera mencapai kekebalan kawanan atau herd immunity dengan sasaran 181,5 juta populasi, rencananya program vaksinasi mandiri segera digulirkan. Jika dalam program pemerintah menggunakan vaksin Covid-19 Sinovac, maka vaksinasi mandiri rencananya menggunakan vaksin lain yakni Moderna dan Sinopharm.

“Bila Sinovac dibolehkan untuk vaksin mandiri, bisa jadi jatah untuk yang free of charge berkurang karena penguasa berani membeli lebih mahal. Pemerintah berencana untuk memulai program vaksinasi mandiri atau gotong royong pada bulan ini. Ada sekitar three,5 juta dosis vaksin yang disiapkan untuk program vaksinasi mandiri ini. Pemerintah berupaya mempercepat program vaksinasi Covid-19 tahun ini untuk mencapai kekebalan komunitas dan pemulihan ekonomi nasional.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah segera melaksanakan program akselerasi vaksin melalui program vaksin mandiri. Saat ini regulasi tentang program tersebut sedang dipersiapkan oleh pemerintah. Wacana vaksinasi mandiri untuk sektor swasta ditolak sejumlah organisasi yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat untuk Keadilan Kesehatan Covid-19. Pandu Riono mengatakan, vaksinasi mandiri berpotensi menciptakan ketidakadilan, terutama bagi perusahaan yang bisa membeli vaksin COVID-19. Nadia menjelaskan, vaksinasi Covid-19 gotong royong bertujuan untuk mempercepat pembentukan kekebalan kelompok atau herd immunity di masyarakat. Harga edar vaksin untuk vaksinasi mandiri sudah ditentukan oleh Menkes.