Mengenal Covid

Di rumah sakit, dokter kadang-kadang akan menggunakan antibiotik untuk mencegah atau mengobati infeksi bakteri sekunder yang dapat menjadi komplikasi COVID-19 pada pasien yang sakit serius. Antibiotik hanya boleh digunakan sesuai dengan anjuran dokter untuk mengobati infeksi bakteri. • Jika Anda yang terkena batuk pilek, gunakan masker untuk mencegah penularan pada anak serta membatasi interaksi fisik dengan anak seperti mencium atau memeluk. Cuci tangan selalu sebelum menyiapkan makanan dan setelah menyeka ingus agar virus tidak tertinggal di benda yang digunakan bersama. Selanjutnya, bila ada anggota keluarga yang mengalami demam, batuk, dan pilek disertai sesak nafas, segera datangi rumah sakit atau fasilitas kesehatan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Abdon Nababan, Wakil Ketua Dewan AMAN mengatakan, kalau semua kabupaten yang masih bersih dari Covid-19 melakukan karantina lokal, Indonesia punya harapan bisa lebih cepat dan lebih murah menangani pandemi ini. Dengan 10 langkah di atas, maka Anda bisa menjaga tubuh agar terhindar dari virus coronayang kian mewabah. Virus coronabisa menyerang tubuh lewat space segitiga wajah seperti mulut, mata, dan hidung.

Maka Anda juga harus menghindari kontak fisik dengan orang lain, seperti bersalaman dan berpelukan. Hal ini disebabkan orang-orang yang menghabiskan waktu bersama dalam jarak yang dekat berisiko terpapar virus Corona yang dapat menyebar melalui udara. Per Maret 2021, angka pasien positif COVID-19 di Indonesia masih cukup tinggi.

Untuk lansia yang memiliki penyakit kronis, pastikan tetap mengonsumsi obat dan memiliki stok obat yang mencukupi. Minta bantuan keluarga untuk membeli kebutuhan pribadi dan mendapatkan informasi terkait COVID-19. Sehingga melakukan pencegahan agar tidak tertular Covid-19 perlu dilakukan. Sedangkan untuk lingkungan outdoor, tempat tersebut punya sirkulasi udara yang baik tapi banyak dikunjungi orang lain . Pilih lokasi yang sirkulasi udaranya baik dan menerapkan protokol kesehatan.

Ini tolong diingat saat ini kita semua harus pakai masker,” tegas dia. ​Gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung bila batuk atau bersin, lalu segera buang tisu ke tempat sampah. Untuk diketahui, hindari menyentuh bagian depan ketika melepas kedua jenis masker tersebut agar terhindar dari kuman yang menempel. Menurut Joko Widodo, dua orang WNI tersebut terjangkit virus corona setelah sempat kontak dengan warga warga negara Jepang yang tinggal di Indonesia.

Bagaimana cara agar tidak tertular covid

Ini sepele tapi sulit, karena dikutip dariCNN Indonesia, Maret 2020, penelitian Sydney University tahun 2015 menyatakan seseorang menyentuh wajah rata-rata 23 kali per jam. WHO menyebutkan virus corona bisa masuk ke tubuh manusia melalui mulut, hidung, dan mata. Oleh karena itu,cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona, kamu harus berlatih untuk mendiamkan tangan agar tidak menyentuh wajah selama minimal satu menit.

Pertama, ingat WHO menyatakan kebanyakan orang yang terinfeksi virus mengalami gejala-gejala ringan, seperti batuk dan demam tinggi dan mereka tidak perlu dirawat di rumah sakit. Ketika melepaskan masker dari wajah, baik masker bedah maupun masker N95, hindari menyentuh bagian depan masker, sebab bagian tersebut penuh dengan kuman yang menempel. Setelah melepas masker, cucilah tangan dengan sabun atau hand sanitizer, agar tangan bersih dari kuman yang menempel. Virus yang menyebabkan Covid-19 atau SARS-CoV-2 akan menyerang seluruh bagian paru-paru orang yang tertular.

Otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah Anda. Virus corona tidak bisa terbang di udara dan berada di udara kalau ada orang terinfeksi yang bersin. Namun, keberadaan virus corona tidak akan lama bila di udara, sebab Covid-19 akan turun dan mengendap di permukaan benda-benda mati, tidak akan menyebar ke rumah Anda. Bisnis.com, JAKARTA – Bila Anda memiliki tetangga yang terinfeksi virus corona (Covid-19), maka tidak perlu khawatir, karena beberapa tips yang harus dilakukan agar tetap sehat. Virus corona dapat menyebar di jarak dekat dari orang sakit melalui percikan yang dikeluarkan saat batuk, bersin atau napas.

Penyakit pilek adalah salah satu penyakit yang populer di masyarakat. Hal ini sangat rentan apabila orang yang tidak patuh untuk tinggal di rumah terpapar berulang-ulang oleh pembawa virus. Untuk itu, penting bagi setiap orang untuk menerapkan 3M dimanapun berada. Selain itu, virus Covid-19 juga bisa menyebar melalui kontak permukaan. Jika tidak terlalu mendesak, sebaiknya ditunda dulu untuk bepergian kemanapun. PR BANJAR – Covid-19 atau virus corona hingga saat ini masih melanda mayoritas wilayah Indonesia.