Riset Obat Natural Untuk Pengobatan Covid

Di negara bagian Gujarat di India barat, beberapa orang pergi ke peternakan sepekan sekali untuk menutupi tubuh mereka dengan kotoran dan air kencing sapi. Mereka percaya langkah itu dapat meningkatkan kekebalan mereka atau membantu mereka pulih dari Covid-19. Apalagi, India juga memiliki Kementerian Ayurveda, Yoga & Naturopati, Unani, Siddha dan Homeopati untuk mempromosikan sistem tradisional.

Mereka meyakini jamu menyehatkan dan menyenangkan jadi minuman sehari-hari. Ketika terkena virus ini, imunitas seseorang harus tetap kuat, dengan demikian seseorang tidak mudah terkena virus, dan bagi yang sudah terkena akan cepat sembuh jika tidak mempunyai riwayat penyakit lain. Tanaman itu dapat dikonsumsi dengan cara rebus 2-3 jenis bahan kering masing-masing 10 gram dalam 400 ml air atau 2 gelas air selama 15 menit. Tanaman dengan nama latin Curcuma mangga ini mempunyai aktivitas fagositosis terkuat dibandingkan empon-empon lain yang dikenal untuk meningkatka daya tahan tubuh. Dalam masalah pengobatan, Ahmad Utomo pun menegaskan adanya kemungkinan obat antivirus tidak mempan untuk semua pasien.

Nationalgeographic.co.id – Badan Kesehatan Dunia mengesahkan protokol untuk pengujian obat-obatan herbal dari Afrika sebagai potensi penanganan virus corona dan epidemi lainnya. Badan POM meluruskan pemberitaan yang beredar tentang 14 produk natural yang mendapat persetujuan penggunaan darurat untuk pasien Covid-19. BEKASI, AYOBANDUNG.COM — Badan Pengawas Obat dan Makanan merilis daftar 14 produk natural yang sedang dalam pendampingan sebagai terapi penunjang pengobatan pasien Covid-19.

Obat covid herbal

Jamu ini bisa dipakai untuk meringankan, untuk mencegah agar penyakit komorbid-nya tidak menjadi lebih parah lagi,” ujar Saikhu. Obat dengan kandungan thirteen bahan herbal ini telah banyak digunakan untuk mengatasi pilek dan flu. Sementara itu, Kementerian Kesehatan RI menegaskan, obat herbal atau jamu tidak bisa menyembuhkan Covid-19. Adapun dipergunakan jamu ini menurutnya untuk komorbid atau penyakit bawaan dari pasien Covid-19. Jakarta, CNBC Indonesia – Badan POM memastikan hingga saat ini belum ada obat herbal atau tradisional yang bisa diklaim untuk menyembuhkan Covid-19. Untuk penggunaannya, obat tradisional juga juga harus memenuhi syarat, seperti tidak menimbulkan efek samping dan tidak mengganggu fungsi hati ataupun ginjal.

Bawang putih mengandung allicin, sebuah komponen kuat yang dapat menghancurkan bakteri dan infeksi. Ia juga menjelaskan, saat diteliti secara in vitro , kondisi ini kemungkinan disebabkan karena sel tubuh yang tidak cocok dengan zat di dalam obat. Kata Ahmad Utomo, sampai saat ini, belum ada yang bisa menemukan obat antivirus COVID-19 yang benar-benar efektif hasilnya. Kalau ada embel-embel anti-corona nanti melanggar regulasi,” tegasnya menambahi.

Pemerintah Thailand memberikan izin penggunaan darurat ekstrak Andrographis paniculate sebagai obat natural untuk penderita Covid-19. Satu di antaranya dengan memenuhi asupan nutrisi dari mengonsumsi tanaman herbal. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Badan Pengawas Obat dan Makanan memastikan hingga saat ini belum ada obat yang efektif untuk infeksi Covid-19. Empon-empon sendiri sebenarnya merupakan kumpulan rempah yang terdiri dari jahe merah, temulawak, biang kunyit, kayu manis, dan sereh. Campuran rempah tersebut dinilai bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak sedikit orang yang mengonsumsinya untuk mencegah tertular Covid-19.