Youre Imagining Things ; Gaslighting Explained

Dalam hal ini, pasangan sengaja membuat kamu mempertanyakan diri sendiri serta ingatan tentang kejadian yang tengah diperdebatkan. Namun, jika terus dilakukan dalam kurun waktu yang cukup lama, gaslighting ini bisa berpengaruh pada rasa percaya diri seseorang. Dia bisa saja meragukan pendapatnya sendiri atau bahkan mempertanyakan penilaian, realitas hingga kewasarannya. Selanjutnya, ia menjelaskan dua hal yang menyebabkan seorang individu sulit untuk keluar dari hubungan tersebut.

Apa itu gashlighthing

Menyadari bahwa Anda berada dalam hubungan yang “gaslighting” akan membantu Anda untuk mengambil langkah selanjutnya seperti segera konsultasi dengan psikiater, psikolog, atau terapis. Apabila ada masalah dengan seorang gaslighter, pastikan Anda hanya akan membahas dan fokus pada masalah tersebut. Jangan membahas atau menggunakan hal-hal lain untuk membuat salah satu merasa benar dan yang lainnya merasa kalah. Perilaku ini dilakukan sedikit demi sedikit dari hal-hal kecil hingga Anda tidak menyadari jika orang tersebut sedang menjatuhkan Anda pelan-pelan. Sangat sulit untuk mengidentifikasi apakah seseorang memiliki sifat atau ciri-ciri ghostlighting.

Tanda gaslighting dalam pernikahan lainnya yang perlu kamu tahu adalah seorang gaslighter tidak akan ragu untuk melakukan sebuah kebohongan, lho. Meskipun kamu tahu yang ia lakukan adalah sebuah kebohongan, ia tidak akan ragu melakukannya bahkan dengan cara yang mencolok. Proyeksi merupakan tindakan menuduh orang lain atas kekurangan atau kesalahan Anda sendiri.

Istilah gaslighting ini digunakan untuk menggambarkan bentuk pelecehan emosional di mana satu orang secara bertahap memanipulasi orang lain untuk bisa mengontrolnya. Gaslighting adalah bentuk kekerasan psychological yang dilakukan oleh orang lain untuk memengaruhi rasa percaya dirimu atau membuatmu mempertanyakan kemampuanmu sendiri. Dengan memanipulasi space psikologis korban, pelaku akan mengontrol cara berfikir dan perilaku korban untuk mendapatkan apa yang ia inginkan tanpa harus memintanya secara langsung. Kemudian korban akan merasakan ragu dan mempertanyakan diri sendiri hingga membuatnya mempertanyakan realitas yang sebenarnya.

Maka dari itu, termasuk menjadikan hal-hal yang sangat kamu hargai atau worth keberadaannya sebagai bentuk ancaman atau ‘senjata’. Di sisi lain, gaslighting yang dieksekusikan dengan baik tidak akan kamu sadari sampai kamu merasa ada kejanggalan dalam relasi yang kamu jalin. Setelah kamu menyadarinya pun kamu akan merasa berat atau bahkan merasa tidak Slot Pragmatic mungkin untuk memutuskan hubungan begitu saja karena alasan-alasan pribadi. Walau jelas pelaku sangatlah merugikan psikologis mu dan menjauhkan kamu dari kebahagiaan yang seharusnya juga muncul dari sebuah relasi. Padahal realitanya bukan kamu pelaku atau troublemaker dari situasi tersebut dan pelaku memiliki maksud tersendiri untuk merugikan kamu.

Hal tersebut dilakukan kepada orang lain guna mendapat kekuatan atau perasaan dirinya yang paling benar. Selain itu, gaslighting termasuk ke dalam kelainan psikologis yang disebut gangguan kepribadian narsistik atau narcissistic personality disorder. Seperti mengancam, melakukan tindak kekerasan, dan mengintimidasi korban dan ‘play victim’ atau bertingkah seolah dirinya adalah korban walau jelas sebaliknya. Kepandaiannya membalikkan fakta itulah yang membuat adanya rasa menyesal atau rasa bersalah pada korban hingga korban mendapat perlakuan yang tidak semestinya oleh pelaku dalam relasi yang mereka miliki. Gaslightingadalah bentuk manipulasi secara psikologis oleh seseorang, sehingga diri kita atau korban menjadi penuh keraguan serta merasa rendah diri. Pelaku biasanya diam-diam menabur benih keraguan ke dalam diri pasangannya.

Kondisi ini bisa terjadi dalam sebuah hubungan, umumnya hubungan antara pasangan pria dan wanita. Jika jarak dan konfrontasi dengan pasanganmu tidak membuat mereka berubah, mungkin kamu perlu melibatkan orang lain untuk membantu mengambil langkah selanjutnya. Bantuan pihak ketiga dapat melihat situasi yang kamu alami secara keseluruhan, sehingga mungkin bisa membantumu melihat apa yang sebenarnya terjadi. Kepribadian narsistik cenderung punya sifat pendukung lain, seperti gaslighting, diktator, dan perilaku kekerasan demi memenuhi kepuasan diri sendiri. Emang sekilas mirip dengan pencucian otak atau yang biasa disebut metode hipnosis yang lazimnya dilakukan orang-orang berketerampilan khusus.